Tuesday, June 15, 2010

Kontroversi Gol Nistelrooy, Euro 2008

Euro 2008
Kontroversi Gol Nistelrooy
Rabu, 11 Juni 2008 - 10:27 wib
Reporter: Azwar Ferdian
Foto: AP
AUSTRIA-SWISS - Gol pertama Belanda ke gawang Italia yang dicetak Ruud van Nistelrooy masih menyisakan cerita. Banyak pelatih yang mempertanyakan keabsahan gol tersebut.

Pelatih Jerman Joachim Loew, mengaku tidak tahu tentang penafsiran aturan offside baru yang membuat gol pertama Belanda ke gawang Italia dianggap sah.

"Saya sama sekali tidak tahu. Banyak yang membicarakan hal itu. Kami semua bertanya apa yang bisa kami lakukan jika terjebak dalam situasi seperti itu," jelas Loew seperti dilansir Goal, Rabu (11/6/2008).

Banyak pihak menganggap gol Ruud van Nistelrooy berbau offside. Ia berada di belakang pemain bertahan lawan, ketika membelokkan laju bola tembakan Wesley Sneijder. Tapi, saat itu Christian Panucci berada di luar lapangan, tepat di samping gawang. Panucci terjatuh setelah berbenturan dengan Gianluigi Buffon.

Badan sepakbola Eropa (UEFA) mengatakan, keputusan wasit mengesahkan gol itu sudah tepat. Alasannya, masih ada Panucci di belakang Nistelrooy, meski pemain bertahan AS Roma itu berada di luar lapangan.

"Yang saya tahu seorang pemain tidak bisa meninggalkan lapangan untuk menghindari offside, tapi ketika terjerembab keluar lapangan, itu tidak disengaja dan berbeda. Saya terkejut dengan interpretasi atas peraturan baru ini," lanjut Loew.

Tidak hanya Loew, Van Nistelrooy dan pemain Belanda lainnya kelihatan terkejut ketika tidak ada bendera offside dikibarkan setelah gol itu terjadi. Pelatih Portugal Luiz Felipe Scolari juga kecewa dengan peraturan baru ini.

"Saya tidak bisa memahami keputusan gol itu, tapi tidak seorang pun mendengarkan saya. Interpretasi dibuat oleh wasit yang tidak ada di lapangan. Pemain saya juga akan dikatakan offside jika tanpa sengaja keluar lapangan," tegas Scolari.

"Ruud van Nistelrooy adalah pemain paling cerdas di dunia, karena tahu mengambil keuntungan dari situasi yang tidak diketahui banyak orang," lanjutnya.

Sedangkan pelatih Rep Ceska Karen Brueckner, mengatakan jika dirinya telah berdiskusi dengan Miroslav Liba (pelatih asal Ceska dan anggota delengasi UEFA). Breuckner sepaham dengan peraturan baru tentang off-side.

"Liba adalah pakar di bidang perwasitan, dan dia mengatakan gol itu secara sempurna sah, Saya harus setuju dengan pendapatnya, dan mengatakan itu gol yang sah."

(zwr/Okezone)
Source: http://euro.okezone.com/ReadStory/2008/06/11/3/117583/kontroversi-gol-nistelrooy.

No comments: