Thursday, July 17, 2008

BERMAIN BOLA SAAT2 SMP

Sebagai anak desa, seusia SMP, aku tumbuh sbg anak pemalu. Walaupun ingin ikut latihan di AlSa, tapi aku nggak berani. Ini karena aku punya sifat2 buruk seperti: tidak PD, maunya menang sendiri, mudah tersinggung, iri-an, dengki-an, minder-an, tdk bisa bergaul, grogian, tdk punya sopan santun, liar, dll yg jelek2.

Aku ingat, waktu SMP kelas 2, aku sudah beli sepatu baru. Merknya 'supercup' nomor 42 (size segini aja masih ke-kecil-an, pernah aku rendam dalam minyak tanah supaya 'melar' tapi tidak berhasil juga), lengkap dengan kaos kaki hijau yg ada corak garis putih di bagian atas.

Karena senang nya punya sepatu baru, aku memakai terus. Tidak hanya di halaman rumah mbah purwo (semoga Alloh meridloi and love mbah purwo yg baik), di belakang rumah ipung (teman yg baik, yg nraktir aku mie ayam di stanplat colt kebumen, lalu sejak itu aku suka banget sama mie ayam), tapi juga sewaktu tidur sepatu bola baruku aku pake terus. Aku ingat, sewaktu aku tertidur, ibuku mencopot sepatu dari kakiku (semoga Alloh miridloi ibuku ayng seperti itu adanya).

Setiap aku beli sepatu baru, masalah yg sering kuhadapi adalah sepatu kekecilan. Memang ukuran kakiku relatif panjang, tapi yang namanya sepatu murahan selalu saja kekecilan, walaupun sudah memilih sepatu dengan size terbesar, yaitu no 42. Di kota kecil spt kebumen, sangat jarang ada sepatu dengan nomor 43 atau yg lebih besar. Akibatnya, kakiku selalu lecet atau kuku rusak, kalo aku punya sepatu baru.

Seusia kelas 2, 3 SMP, bersama anak2 dari desa klirong (ps muncul), aku sudah sering latihan di stadion 'Gambar Sari' desa Gebang Sari. Beberapa teman dari Gebang Sari di antaranya Wono bersama kakak adiknya, Medi, dll. Dari Klirong, aku punya teman2 spt; Edi Sumargo, Partu, Toto Pak Sirin, Sugeng, Ipung, Gembol, Gano, Bambang Pak Waris, Adi Kotok, Mito, Dirun, dll.

Di SMP kelas 3, nilai pelajaran pilbas (pilihan bebas) sepak bolaku 9. Aku sendiri tidak yakin dengan nilai itu. Aku merasa kadang main sangat bagus, tapi kadang gak bagus; alias tidak konsisten. Apa karena Pak Marjo gak enak sama bapakku yg sama2 guru di SMP ku ya?

Sewaktu di kelas 3 SMP N Klirong, pada turnamen agustusan, kami juara satu dengan menyingkirkan MTs N, SMP PGRI & SMP Taman Dewasa. Aku sendiri kurang puas dg penampilanku. Masih belum bisa ngontrol bola.

Kithol alias Yakino adalah temanku yg menjadi bintang lapangan kala itu. Betapa hebatnya dia bisa meliuk2 ke sana kemari tanpa bisa direbut bolanya. Mengikuti jejak kakaknya, Kang Masirun (back AlSa), Kithol, dengan tubuh gempal spt maradona, bisa menjadi motor bagi tim SMP N Klirong. Dia adalah cerminan dari bakat alam pe-sebakbola kampung. Beberapa tahun kemudian, setelah aku cukup jam terbang di AlSa, aku menyimpulkan bahwa untuk sepakbola modern, bakat alam saja tidaklah cukup untuk memenangkan persaingan.

Seperti Kithol, Rono bertubuh pendek. Walaupun darah bolanya diragukan, tapi keseriusan & ke-ngototannya menjadikan dia pemain hebat ala kampung. Sebagai striker, dia sangat subur. Dia selalu mencetak goal di setiap pertandingan.

Saat di SMP, Kino dg bakat alamnya saja, adalah yg terbaik di antara kami. Bbrp thn sesudahnya, sesudah kami sama2 berlatih di AlSa, Kino justru menjadi pemain yg kurang berkembang. Factor kecerdasan, ternyata ikut mempengaruhi/andil dalam mengambil pelajaran. Rono dan aku lebih berkembang dibanding Kino. Kebiasaan meliuk2 membawa bola bagi kino, ternyata susah dihilangkan. Padahal di sepak bola modern, kita dituntut untuk bermain efektif & efisien.

3 comments:

kasmonomonex@blogspot.com said...

Hidup Masa SMP...

Aku juga punya cerita dan kenangan menarik waktu SMP neh.
Saat aku duduk di kelas 2 SMPN Klirong, mungkin berkat ikut latihan di ALSA..aku masuk skuad tim Sepakbola SMPN Klirong yang saat itu dikomandoi oleh Pak Darsono dan Pak Marjo (guru OR). Prestasi yang paling membanggakan saat itu adalah Juara II Sepakbola antar SMP se Kabupaten Kebumen. Di Partai Final kami kalah dari SMPN I Kebumen yang antara lain diperkuat striker Cunil-anak IM Kebumen (aku ora ngerti jeneng asline). Mungkin ini adalah Prestasi Puncak Sepakbola SMPN Klirong, tetapi mudah-mudahan berikutnya ada prestasi yang lebih dari itu.
Pemain-pemain SMPN Klirong saat itu al: Aku, Barso, Fuad Jagamertan, Sakiman, Badri Jagamertan, Mijo Kedungsari, Bait Petanahan, Sarwani si Lakar Klampis, Cah Jagasima (aku klalen jenenge-maap ya..), dll.

Aku juga punya cerita lucu saat main bola di Alun-alun Kebumen, pas nendang pinalti (saat itu kipere Sugeng Karanganyar), aku kepleset jadi bolanya meluncur pelan dan arahnya lurus. Dasar Sugeng....dia PD abeezzz dan sambil bergaya menjatuhkan diri dalam menangkap bola. Tetaapii...Allah menghendaki lain. Bola yang berjalan pelan ternyata mengenai "suket kobis" dan melompati badan Kiper Sugeng dan goollll.

Aku juga punya cerita pahit...
Saat Tarkam di Gombong, kalau gak salah di Purwodeso...Saat itu aku dicari Mas Sutris (bapake Singgih), katanya ada yang nyari. Mereka adalah 2 orang dari Gombong, satu diantaranya adalah Pak Misbun (saat itu aku juga gak kenal). Aku diminta untuk bantuin main. Trus Aku nanya sama siapa dari ALSA? Katanya sendiri. Tapi ada temennya dari Jagamertan (Aaan dan Sulki).Awalnya aku minder juga kok gak ada temennya dari ALSA, tapi aku bertekad inilah kesempatan yang diberikan oleh tim pengamat amatiran ala Pak Sibun. Pemainnya saat itu al: Aku, Aan Jagamertan, Sulki Jagamertan, Delo+Hartono+Bagol (Keluarga Pak Slamet), Ali Adimulyo, Gun dan balakurawane cah Putra Rimba dll. Dalam satu kesempatan berebut bola kaki kananku bertabrakan sangat keras dengan kaki lawan. Aku langsung jatuh dan tidak bisa berjalan. Ternyata knee ku yang kena. Aku langsung digotong keluar lapangan dan tidak bisa melanjutkan permaianan. Aku harus berobat (urut) rutin cukup lama di Jerukagung (mbiyen Pak Kaum-alm). Setelah sembuh kaki kananku masih sering kambuh. Tapi berkat kaki kananku sering sakit itu, kaki kiriku yang lebih sering aku paksain buat nendang bola. Alhasil kaki kiriku lebih hidup (yahhh hampir sama lah sama fungsi kaki kananku). Alhamdulillah.. Tapi sampai sekarang kaki kananku juga masih suka terasa ngilu kalo buat goes sepeda apalagi buat nendang bola. Tapi gpp itu bagian dari konsekuensi bermain bola.


Cerita Lucu...
Pada satu kesempatan aku pernah tarkam di Cilacap bareng Budi dan Suyit dan Gun Lurahe. Berempat main kabeh, tapi sayang belum sampe 5 menit Suyit diganti (maine kayak orang bingung-maklum dia baru ikut tarkam, masih grogi). Pertandingan berjalan seru dan imbang. Sampe akhirnya adu pinalti. Dari semua yang nendang pinalti hanya Aku, Budi dan Gun yang gol, yang lain dari pemain tuan rumah gagal semua...(tersanjung, lucu tapi malu gak bisa nyumbang kemenangan walau nyumbang gol pinalti).

Salam,
Mono (monex)

Dwi Darmanto said...

he..he.. seru deh...
nek cunil aku ya ngerti, kakak kelasku nang sma 1, sekelas karo mbokayuku.
salam,

pak muliadi said...

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.